BUKU PEDOMAN
KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Penyusun:
Ida Nuraida, S.Pd., M.Pd.
Ai Tusi Fatimah, S.Pd., M.Si.
Nur Eva Zakiah, S.Pd., M.Pd.
Yoni Sunaryo, S.Pd., M.Pd.
Â
Â
Â
Â
Â
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
BUKU PEDOMAN
Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
Program Studi Pendidikan Matematika
Universitas Galuh Ciamis
Â
Penulis  :   Ida Nuraida, S.Pd., M.Pd.
                  Ai Tusi Fatimah, S.Pd., M.Si.
                  Nur Eva Zakiah, S.Pd., M.Pd.
                  Yoni Sunaryo, S.Pd., M.Pd.
Â
Â
Bismillahirrohmanirrohiim
Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, Tim Program Studi Pendidikan Matematika dapat menyelesaikan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Sholawat dan salam saya haturkan kepada junjungan alam, Nabi Muhammad SAW. Selaku pimpinan Program Studi, saya mengucapkan terima kasih kepada tim penyusun yang telah meluangkan waktu dan menyumbangkan pikiran serta tenaganya dalam penyusunan buku pedoman Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini.
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian proses akademik di Program Studi Pendidikan Matematika dengan tujuan supaya mahasiswa dapat meningkatkan keahlian dan profesionalitasnya dalam bidang Pendidikan Matematika melalui kuliah di lapangan, serta menyiapkan calon guru matematika yang terampil dan memiliki pengetahuan praktis sesuai dengan kompetensinya.
Buku Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Saya sangat berharap dengan terbitnya Buku Pedoman ini akan membantu mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).
Demikian kata pengantar yang dapat saya sampaikan, semoga buku pedoman ini dapat bermanfaat bagi semua civitas akademik Program Studi Pendidikan Matematika.
Â
Wassalamu’alaikum wr. wb.
Â
Â
Ciamis, September 2018
Ketua Program Studi
Pendidikan Matematika
Ida Nuraida. S.Pd., M.Pd.
NIK. 01.3112770458
BUKU PEDOMAN
Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
Program Studi Pendidikan Matematika
Â
Â
VISI
“Unggul, Adaptif, dan Berdaya Saing Global dalam Bidang Pendidikan Matematika pada Tahun 2030â€.
Â
1.        Menyelenggarakan program pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan matematika untuk menyiapkan tenaga pendidik dalam bidang matematika yang professional;
2.        Menyelenggarakan penelitian dan mengaplikasikan dalam bidang pendidikan matematika;
3.        Mengembangkan dan mengaplikasikan pendidikan matematika yang didukung oleh disiplin ilmu lainnya sebagai bentuk pengabdian untuk kepentingan masyarakat;
4.        Menjalin kerjasama lokal, nasional dan internasional dalam berbagai bidang yang mendukung program studi pendidikan matematika.
Â
1.        Menghasilkan tenaga pendidik yang professional dengan kompetensi yang relevan dengan tuntutan dunia kerja, terutama dalam bidang pendidikan matematika yang mampu bersaing secara global;
2.        Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu melakukan penelitian bidang pendidikan matematika yang relevan dengan perkembangan teknologi;
3.        Menghasilkan temuan dan inovasi pembelajaran matematika berdasarkan hasil penelitian dan dapat mengaplikasikannya di lapangan;
Â
4.        Menghasilkan karya inovatif dan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dikaitkan dengan keilmuan lainnya;
5.        Mampu menjalin kerjasama baik lokal, nasional, maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang memberikan kontribusi pada peningkatan kuantitas dan kualitas program studi pendidikan matematika;
6.        Mampu mencetak lulusan bermoral, beretika dan berkualitas dengan dibekali wawasan pengetahuan agama yang kuat, pengetahuan teknologi sesuai jaman, wawasan kewirausahaan sebagai life skill, dan bahasa asing sebagai pengantar pergaulan di era digital.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
 | Halaman  | |
KATA PENGANTAR | 3 | |
VISI, MISI DAN TUJUAN | 5 | |
DAFTAR ISI DAFTAR LAMPIRAN | 7 8 | |
 |  | |
A. | KETENTUAN UMUM | 9 |
B. | BENTUK KEGIATAN | 9 |
C. | KUALIFIKASI PESERTA | 9 |
D. | BOBOT KEGIATAN | 10 |
E. | ORGANISASI | 10 |
F. | PENILAIAN | 11 |
G. | LAPORAN | 11 |
H. | TATA TERTIB | 11 |
I. | PEMBIAYAAN | 12 |
J. | PENUTUP | 12 |
 |  |  |
LAMPIRAN-LAMPIRAN | 13 | |
 |  |
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
DAFTARÂ LAMPIRAN
Â
 | Halaman |
 |  |
Lampiran 1.    Sistematika Penulisan Laporan KKL Lampiran 2.     Contoh Halaman Sampul Laporan Kegiatan KKL Lampiran 3.     Contoh Lembar Pengesahan Laporan Kegiatan KKL Lampiran 4.     Contoh Lembar Persetujuan Laporan Kegiatan KKL Lampiran 5.     Contoh Sampul CD Lampiran 6.    Aspek Penilaian Kegiatan KKL | 13 14 15 16 17 18 |
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
1.        Dasar Hukum
Surat Keputusan Rektor Universitas Galuh Nomor: 206/4123/SK/AK/R/VIII/2018 tentang perubahan kurikulum pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Tahun 2008.
2.        Pengertian
a.  Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah kegiatan intrakurikuler yang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Galuh. Mata kuliah ini memiliki kode GME 4222 dengan bobot SKS sebesar 2 SKS. KKL dilaksanakan oleh mahasiswa di semester 4.
b.  Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk mempersiapkan calon guru matematika yang profesional.
3.        Tujuan
a.  Meningkatkan kompetensi calon guru matematika dalam aspek pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.
b.  Meningkatkan kemampuan literasi teknologi yang menunjang terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan calon guru matematika.
c.  Memberikan pengalaman lapangan melalui observasi terhadap fenomena alam dan budaya.
Â
Program KKL berupa kegiatan yang dapat menambah wawasan mahasiswa dan memberi pengalaman nyata mengenai lembaga sekolah, instansi pemerintahan, perusahaan pengembang media pembelajaran berbasis teknologi dan tempat-tempat yang memiliki unsur budaya yang mendukung perkembangan etnomatematika yang terkait dengan kompetensi Program Studi Pendidikan Matematika.
Â
Mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
a.  Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester berjalan.
b.  Mencantumkan mata kuliah KKL dalam Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester berjalan.
c.  Menyelesaikan persyaratan administrasi.
Â
Bobot kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah 2 SKS atau setara dengan kegiatan 72 jam dengan perincian sebagai berikut:
a.          24 jam kegiatan terjadwal;
b.          24 jam kegiatan terstruktur;
c.          24 jam kegiatan praktikum mandiri.
Â
1.          Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dilaksanakan di semester empat oleh Program Studi Pendidikan Matematika yang terdiri dari panitia, pembimbing dan penguji yang ditetapkan oleh Ketua Prodi.
2.          KKL dapat dilaksanakan di dalam negeri atau luar negeri.
3.          Pembiayaan kegiatan KKL, termasuk transportasi dan honorarium pembimbing menjadi tanggungan peserta KKL.
4.          Program KKL disusun oleh panitia untuk selanjutnya ditetapkan oleh Ketua Program Studi, meliputi:
a.   Objek KKL, sesuai dengan kompetensi (nama lembaga, tempat, gambaran umum lokasi, dan sebagainya).
b.   Jadwal KKL (sesuai dengan bobot KKL).
c.   Calon Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji.
d.   Rekomendasi tidak keberatan dari lembaga obyek KKL.
5.          Tugas-tugas panitia sebagai berikut:
a.   Menyusun perencanaan KKL.
b.   Melakukan pendataan dan pelayananan administrasi peserta.
c.   Melakukan konsultasi dan koordinasi dengan lembaga-lembaga tempat KKL.
d.   Menyelenggarakan pembekalan (choaching).
e.   Menyelenggarakan rapat koordinasi bersama pembimbing dan penguji.
f.   Memantau pelaksanaan KKL.
g.   Menyediakan sarana dan fasilitas pendukung kegiatan KKL.
h.   Menyediakan daftar nilai dan sertifikat bagi peserta.
i.   Melakukan evaluasi kegiatan KKL.
j.   Melaporkan kegiatan KKL pada Ketua Program Studi.
6.          Tugas-tugas pembimbing sebagai berikut:
a.   Memberikan bimbingan kepada mahasiswa, baik sebelum atau sesudah kegiatan KKL.
b.   Melakukan pengamatan langsung yang menyangkut kedisiplinan dan kinerja peserta KKL.
c.   Membimbing pembuatan laporan hasil pelaksanaan kegiatan KKL.
d.   Memberikan penilaian proses KKL pada mahasiswa yang dibimbingnya dan menyerahkan nilai tersebut pada panitia tepat waktu.
Â
7.          Tugas-tugas penguji sebagai berikut:
a.   Menguji laporan mahasiswa pada kegiatan seminar hasil KKL.
b.   Memberi penilaian seminar hasil KKL dan menyerahkan pada panitia tepat waktu.
Â
1.          Sistem Penilaian KKL menggunakan acuan sebagaimana yang diatur dalam pedoman akademik yang berlaku.
2.          Aspek-aspek yang dinilai dalam KKL, meliputi:
a.   Kedisiplinan (absensi dan kepatuhan pada aturan KKL).
b.   Laporan hasil kegiatan KKL.
c.   Presentasi laporan hasil kegiatan KKL.
3.          Nilai akhir kegiatan KKL adalah akumulasi antara nilai dosen pembimbing dengan dosen penguji.
4.          Peserta KKL dinyatakan lulus apabila sekurang-kurangnya memperoleh nilai B (3,0).
5.          Peserta KKL dinyatakan gugur atau tidak lulus apabila meninggalkan seluruh atau lebih dari 70% kegiatan KKL tanpa alasan yang sah.
Â
1.          Laporan KKL mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah (Format terlampir).
2.          Laporan dibuat 1 (satu) eksemplar, dengan ketentuan: jarak 1,5 spasi; jenis huruf times new roman 12 pt; ukuran kertas A4; ukuran margin (top: 4 cm, left: 4 cm, bottom: 3 cm, dan right: 3 cm); serta jumlah halaman minimal 20 halaman (tidak termasuk cover, kata pengantar, daftar isi, dan lampiran-lampiran).
3.          Laporan disahkan oleh pembimbing dan penguji (Format terlampir).
4.          Laporan yang telah disahkan pembimbing diserahkan kepada panitia dalam bentuk soft file (CD) dan hard file (hard cover warna putih).
Â
1.          Setiap peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan KKL dan mengisi daftar hadir, meliputi:
a.   Pembekalan (choaching).
b.   Pelaksanaan kegiatan.
c.   Pembuatan laporan kegiatan.
d.   Seminar hasil.
2.          Selama mengikuti kegiatan KKL, setiap peserta wajib menjaga kesopanan, nama baik almamater, berpakaian rapi, bersepatu, dan menggunakan jas almamater.
3.          Selama KKL berlangsung mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti kegiatan lain diluar kegiatan KKL.
4.          Pada akhir kegiatan, mahasiswa diwajibkan membuat laporan KKL yang disahkan oleh pembimbing; melakukan seminar hasil; merevisi laporan sesuai dengan saran dosen penguji; dan menyerahkan laporan hasil revisi kepada panitia KKL selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah pelaksanaan seminar KKL.
5.          Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan KKL akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.
Â
Biaya KKL berdasarkan ketentuan yang berlaku di Universitas Galuh Ciamis.
Â
Hal-hal yang belum diatur dalam Pedoman KKL ini akan diatur lebih lanjut melalui peraturan yang lebih teknis.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Lampiran 1. Â Â Â Sistematika Penulisan Laporan KKL
Â
Â
HALAMANÂ SAMPUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PERSETUJUAN
RANGKUMAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
Â
BABÂ 1Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
1.2.       Tujuan dan Manfaat
Â
BABÂ 2Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â TINJAUAN UMUM
2.1.          Sejarah Perusahaan /Lembaga/ Objek Lokasi KKL
2.2.          Ruang Lingkup Perusahaan /Lembaga/ Objek Lokasi KKL
2.3.          Uraian Peran dan Tugas Peserta KKL
Â
Â
BABÂ 3 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â PELAKSANAAN
Adalah diskripsi tentang objek yang ditinjau sesuai dengan kunjungan Program Studi Pendidikan Matematika.
Â
BABÂ 4 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â SIMPULAN DAN SARAN
4.1.          Simpulan
4.2.          Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYATÂ HIDUP PESERTA KKL
Lampiran 2.    Contoh Halaman Sampul Laporan Kegiatan KKL
LAPORAN KEGIATAN
KULIAH KERJA LAPANGANÂ (KKL)
Â
TULISKAN NAMA KEGIATAN/OBYEK KEGIATAN KKL
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Oleh:
Nama Peserta KKL (NIM. Mahasiswa)
Â
Â
Â
Â
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
2018
Lampiran 3.    Contoh Lembar Pengesahan Laporan Kegiatan KKL
Â
Â
LEMBAR PENGESAHAN
Â
Â
NAMA | : | ........................................................... |
NIM | : | ........................................................... |
PROGRAM STUDI | : | PENDIDIKANÂ MATEMATIKA |
JUDULÂ KEGIATAN | : | ........................................................... |
Â
Â
Tanggal Pengesahan:  …………………….
Â
Menyetujui
Pembimbing,
Â
Â
Â
………………….............……….                       (..........………………..)
NIP/NIK ................................
Â
Â
Mengetahui
Ketua Program Studi
Pendidikan Matematika
Â
Â
Â
Ida Nuraida. S.Pd., M.Pd.                                 (..........………………..)
NIP/NIKÂ Â 01.3112770458
                          Â
Â
Â
Â
Â
Lampiran 4.    Contoh Lembar Persetujuan Laporan Kegiatan KKL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH
Jalan R.E. Martadinata No. 150 Tlp. (0265) 772192 Ciamis 46251
Â
Â
LEMBAR PERSETUJUAN
Â
Dewan Penguji Laporan Kegiatan KKL Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis, dengan ini menyatakan bahwa Kegiatan KKL berjudul “Nama Kegiatan KKL†karya Nama Peserta KKL telah diuji dalam Ujian Laporan Kegiatan KKL pada Program Studi Pendidikan Matematika dan telah diperbaiki sebagaimana mestinya.
Â
Â
Â
Ciamis, ...........................................
Dewan Penguji
Â
Â
Â
………………….............……….                       (..........………………..)
NIP/NIK ................................
Â
Â
Â
………………….............……….                        (..........………………..)
NIP/NIK ................................
Â
Â
Â
………………….............……….                        (..........………………..)
NIP/NIK ................................
Â
Lampiran 5.    Contoh Sampul CD
LAPORAN KEGIATAN KKL JUDUL KEGIATAN KKL Â |
NAMA MAHASISWA Nim. .............. |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS 2018 |
Keterangan:
File yang disimpan dalam CD terdiri dari:
1.      Laporan kegiatan KKL (sampul s.d lampiran)
2.      Foto-foto kegiatan penelitian
Lampiran 6. Â Â Aspek Penilaian Kegiatan KKL
Â
DAFTAR NILAIÂ PESERTAÂ KKL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH
Â
Â
NAMAÂ MAHASISWAÂ Â Â : .................................................
NIMÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : .................................................
Â
NO | ASPEK PENILAIAN | BOBOT % | NILAI |
1. | Pelaksanaan         KKL (termasuk pembekalan) | 50% |  |
2. | Penulisan Laporan | 30% | Â |
3. | Laporan KKL | 20% | Â |
 | Jumlah | 100% |  |
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Ciamis, .........................
Pembimbing
Â
Â
Â
Â
.......................................
 NIP/NIK.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
BUKU PEDOMAN
Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
Program Studi Pendidikan Matematika
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
BUKU PEDOMAN
Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
Program Studi Pendidikan Matematika